• home
Home » , » Mobil Motor Tidak Bisa Starter Cek Kabel Accu Strum Dinamo

Mobil Motor Tidak Bisa Starter Cek Kabel Accu Strum Dinamo

accu / aki

Mobil Tidak Bisa Starter

yang harus anda lakukan adalah mempelajari gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat ditebak kemungkinan sumber kerusakan.
 




Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat kita start antara lain :

1.Accu

Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala sama sekali, cek terminal aki "+" kotor atau putus. kemungkinan lain adalah kepala aki kotor atau aki anda terkuras total setrumnya.

Lampu indikator battery dan oli pada dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika distarter, 90% aki anda rusak atau kurang setrum biasanya Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti “ngeek..ngek…ngek….”.
accu kehabisan strum atu yang lebih sering disebut "Aki soak" adalah penyebab sebagian besar mobil tidak bisa distater.
karena accu adalah sumber energi utama sehingga mobil hidup dan dapat digunakan.
 

Beberapa penyebab adalah sebagai berikut:

Air aki habis.
Aki cair yang tidak dikontrol lama-lama akan habis airnya dan kering, setrumnya akan hilang, sehingga terkadang kita perlu mendorong-dorong sambil distarter.

foglamp
Lupa mematikan lampu mobil.
Pengalaman ini terjadi ketika kita lupa mematikan lampu depan, foglamp, lampu malam atau lampu kabin mobil saat parkir dan membiarkan lampu hidup selama beberapa jam. Walhasil, mobil tidak bisa distater setelahnya dan saya terpaksa harus mengecas aki.

 

Dinamo Amper tidak berfungsi
Dinamo amper yang sudah jelek, tidak akan mengisi listrik ke accu. Oleh karena itu perhatikan gambar aki di dashboard mobil apakah menyala atau tidak. Jika menyala terus berarti dynamo amper anda bermasalah.

Bagaimana cara merawat aki?

Menggunakan aki kering.
Bagi orang yang tidak ingin repot mengecek air aki dan merawatnya, pilihlah aki kering. Biasanya aki kering lebih mahal harganya, tetapi tidak perlu perawatan aki, dengan masa aki kurang lebih dua tahun. Aki inipun bisa dicas ulang jika listriknya melemah .

Rajin mengontrol air aki
Rajin mengecek air aki sebulan sekali atau dua kali adalah hal yang harus dilakukan. Jika air aki habis tambahkanlah sedikit-sedikit di pagi hari sebelum mobil dinyalakan. Aki cair bisa disestrum lagi.
Biasanya sekali strum bayarnya 10 sampai 20 ribu. Jika tidak bisa disetrum lagi, biasanya aki akan dikuras, ganti airnya. Aki akan bisa bertahan 6 bulan paling lama. Jika aki sudah benar-benar tidak bisa digunakan setelah air nya diganti, aki bekas bisa dijual, harga 50ribu.
Jika kita tidak menggunakan mobil selama lebih dari 3 hari, disarankan mencopot konektor di kepala aki yang positif, tetapi jika mobil anda mobil baru yang menggunakan sistem air bag atau system modern lainnya seperti alarm, aki jangan dicopot karena anda kemudian harus menyetel ulang semuanya di bengkel resmi untuk mobil tersebut.

Merawat kepala aki


Selanjutnya adalah merawat kepala aki. Terkadang kepala aki berkarat sehingga aliran listrik terhambat. Oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan kepalanya kalau perlu diamplas sedikit-sedikit, jika ada korusi dibagian kepala aki bisa dihilangkan dengan cara menyiram dengan air panas, setelah korusi larut beri/olesi sedikit grease/gemuk pada kepala aki agar tidak terjadi korusi.
Hati-hati memasang perangkat elektrinik seperti tape atau tv atau yang lainya di mobil
Pemasangan tape atau tv di mobil sembarangan dapat melemahkan aki lebih cepat. Biasanya jika pemasangan itu asal, listrik akan langsung tersambung dari tape ke aki, sehingga listrik akan terus mengalir tanpa henti. Sarannya di pasang otomatis jika mobil mati maka tapepun mati, atau dipasang saklar yang dapat mematikan listrik ketika mobil mati.

Solusi Jumper


Solusi jika anda mengalami mobil mogok karena aki soak adalah dengan menjumper menggunakan aki mobil lain. Perhatikan positif dan negatif kepala jangan sampai salah, positif ke positif, negatif ke negatif, tanda positif dan negatif ada di bagian atas dekat kepala aki. Jika anda salah kepala aki bisa meledak (serius). Maka berhati-hatilah. 
jamper
Jika anda menjumper dengan aki basah mobil lain, mesin mobil boleh mati, tetapi jika menjumper dengan aki kering mobil lain, mesin mobil lain harus menyala Bila Kendaraan Tidak Bisa Distarter

2.Alternator
 
  Ada dua fungsi utama alternator: sebagai pembangkit sumber listrik untuk menjalankan aksesoris kelistrikan pada mobil (lampu, AC, audio system, TV, pelacak GPS, dsb) dan sebagai pengisi ulang daya kembali ke aki, dengan kata lain, sebagai charger aki. Nilai tegangan yang dihasilkan oleh alternator yang bagus dan normal adalah pada kisaran 13.4V – 14.8V. Bila alternatornya lemah, atau ada masalah, maka aki sebagai penyedia tenaga listrik cadangan yang harus bekerja ekstra keras untuk mensuply tenaga menjalankan lampu, AC, radio, dsb.

3.Dinamo Starter
dinamo starter
 
    Dinamo starter bertugas untuk memutar roda gila/roda angin pada mesin untuk pertama kalinya. Untuk keperluan ini, dinamo starter menarik arus dari aki. Dinamo yang bermasalah akan menarik arus yang terlalu tinggi dibanding normal untuk menjalankan tugasnya, sehingga aki perlu bekerja keras untuk memenuhi permintaan dinamo starter. Ini bisa menyebabkan kerusakan internal pada aki. Bila keadaan ini terus berlangsung, aki akan cepat tekor dan rusak.

4.Sekring yang putus/rusak 
  
 Sekring akan memutuskan rangkaian kelistrikan dalam mesin, jika ini terjadi maka secara otomatis dinamo starter atau aki takkan bekerja.
 
5.Perilaku penggunaan kendaraan
 
    Aki mobil dirancang untuk penggunaan SLI (Starting Light Ignition). Ini berarti voltase/tegangan aki mobil harus selalu dalam keadaan tinggi. Bila kendaraan hanya digunakan sekali seminggu, atau hanya untuk jarak tempuh dekat dari rumah ke supermarket terdekat dengan AC menyala penuh, maka hal ini hanya akan menyebabkan pengecasan/pengisian aki yang tidak optimal. Aki baru bisa dicas secara optimal bila perputaran mesin dan alternator sudah optimal kira-kira pada 2000 s/d 5000rpm, cukup lama, dan sebanding dengan daya yang telah dikeluarkan oleh aki untuk menjalankan fungsi kelistrikan.
Perlu diingat bahwa aki mobil dirancang untuk keperluan SLI (Starting Light Ignition), dan bukan untuk deep-cycle. 
Bila daya listrik aki mobil dikuras terus hingga 50% atau lebih dari kapasitas totalnya, aki akan cepat rusak. Untuk mencegah hal tersebut, maka pengisian kembali/pengecasan/recharge aki secara optimal adalah hal yang paling penting untuk merawat dan mendukung umur aki/accu Anda

sekian semoga bermanfaat... thx

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.