• home
Home » » cara mudah mendeteksi ac mobil tidak dingin / panas karena freon habis atau v belt putus

cara mudah mendeteksi ac mobil tidak dingin / panas karena freon habis atau v belt putus


MUSIM PANAS, MACET PLUS AC PANAS....

Eosi tingkat tinggi



Diagram AC
ketika Jalanan macet, panas terik, dan ac mobil tidak dingin mungkin membuat anda menjadi cepat emosi naik, atau mobil anda lama nangkring digarasi karena ac tidak berfunsi dengan baik. tidak perlu khawatir, bagi anda yang memiliki masalah Air Conditioner/ac mobil tidak dingin ada beberapa tips sederhana untuk pengecekan atau mendeteksi penyebab ac mobil tidak dingin atau tidak berfungsi dengan baik yang sekiranya dapat membantu mengatasi dan mengetahui solusi yang dapat anda lakukan. Berikut tips nya:


1. Pengecekan pada komponen ac mobil.
Langkah berikutnya setelah anda mengecek sistem kelistrikan adalah pengecekan pada komponen pipa kapiler 5/8 dan pipa kapiler 5/16. Pipa kapiler 5/8 berukuran besar dan umumnya terdapat pentil pengisian dengan logo pada tutup pentil pengisi bertuliskan huruf L (low). rabalah pipa 5/8 tersebut apakah dingin atau tidak. dan cek juga pipa kapiler 5/16 berukuran kecil dan berlogo pada tutup pentil H (high), rabalah apakah panas atau tidak. 
2. Pengecekan pada sistem pendingin dan kelistrikan ac mobil.
Nyalakan mesin mobil dan kemudian ac mobil anda  pastikan semua panel tombol penganturan ac mobil (blower/kipas dan termostat) sudah menyala dengan baik. langkah berikutnya adalah raba kisi-kisi angin dengan telapak tangan anda, apakah angin terasa kencang atau sedang atau hanya samar-samar. Umumnya ciri ac mobil yang kotor,  pada pengaturan putaran kipas tombol nomor angin satu, angin terasa dingin tapi tendangan kipas lemah/kecil, dan apabila diatur pada tombol putaran angin maksimal maka suara kipas terdengan dengung. lakukan service atau cuci ac mobil untuk solusi masalah ini. (untuk lebih yakin dan memastikan hasil maka lakukan cara kedua).
  
Jika AC anda masih bisa menyala namun tidak bisa dingin dengan maksimal ataupun anda  mulai merasakan berkurangnya dingin yang dihasilkan oleh AC di dalam mobil. Apa saja yang menjadi penyebabnya? Inilah jawabannya.

AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya sebagai berikut

  1. Kondensor – Radiator
  2. Evaporator (Evap)
  3. Freon / Cairan Freon
  4. Motor Fan / Kipas
  5. Kompressor
  6. Magnetic Clutch
  7. Serta komponen-komponen yang lain seperti selang, seal, swicthing, dll.
Freon Tabung

Freon Kaleng



Penyebab utama AC tidak dingin atau masalah “yang paling sering terjadi” adalah freon berkurang atau habis.
Saat ini ada 2 ukuran Freon di pasaran
Kecil dengan kisaran harga                : 40.000
Besar dengan kisaran  harga              : 1.500.000  






Selain cara diatas perlu juga dilakukan pengecekan pada V-belt atau tali kipas karena merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berfungsi memutar kompresor AC, dan terkadang juga  memutar power steering, pompa air (water pump), alternator dan kipas pendingin.
  
Demikian beberapa cara mudah dan sederhana pengecekan pada ac mobil

Cara diatas dimaksudkan agar anda lebih paham mengenai cara kerja ac mobil dan solusi umum masalah kerusakan, tetapi bila sudah mengetahui kerusakan yang ada dengan langkah tersebut diatas. 

Sebaiknya serahkanlah problem kerusakan tersebut kepada ahlinya yaitu bengkel spesialis ac mobil yang anda kenal dan percayai. 
Tidak disarankan untuk bereksperimen memperbaiki sendiri terutama pada sistem kelistrikan, karena dapat berdampak fatal pada seluruh sitem komponen listrik lainnya dan tentu anda akan merogoh kocek yang lebih dalam untuk perbaikan



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.