• home
Home » , » Beragam Alat Spooring Balancing Velek Dan Mobil

Beragam Alat Spooring Balancing Velek Dan Mobil


Spooring & Balancing
 
alat spooring
Kemudi mobil narik ke satu sisi saat jalan, cek spooring roda depan mobil anda.
jika kemudi/ster mobil anda terasa getar pada kecepatan tertentu ( semisal dikecepatan 70,80,100 km/jam ), cek balancing roda anda "saat balancing disarankan untuk dilakukan disemua roda/4 roda secara bersamaan".
Apa itu sporing, Spooring adalah meluruskan atau membetulkan posisi kedudukan roda mobil sesuai dengan jenis dan tipe ban mobil, ada pula mobil yang bisa dilakukan sporing roda belakang,seperti Suzuki Grand Vitara.
Sedangkan Balancing yang berarti keseimbangan, adalah usaha untuk  menyeimbangkan putaran pada setiap roda mobil. 


Sebuah mobil mutlak memerlukan Spooring ketika mengalami pergantian part yang berhubungan dengan steer. Spooring diperlukan karena arah roda yang tidak sinkron akan mengakibatkan besarnya gesekan yang mengarah pada borosnya konsumsi bahan bakar dan mengurangi kenyamanan mengemudi. 
Sedangkan Balancing akan Anda perlukan pada batas kilometer tertentu dan setiap kali mengganti ban. Ban yang dirasa lambung dan berdengung juga dapat menjadi barometer untuk melakukan Balancing.harga sporing dan balancing biasanya dijadikan dalam satu paket, rata-rata Rp.280,000,- untuk balancing mengunakan penyeimbang timah, harga dapat berubah dipengaruhi oleh besar ukuran velg roda, dan jenis alat spooring yang digunakan ( type tiga dimensi, matix, dll ).
 Buat Anda yang masih bingung tentang cara menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring biasanya disarankan setiap 10.000km atau anda merasakan beberapa hal berikut ini:

rangkaian steer
  • Perhatikan saat menyetir, apakah terasa ada getaran pada setir yang menggangu kenyamanan? Roda depan terhubung langsung dengan setir serta biasanya lebih cepat aus daripada roda belakang karena kerjanya lebih ekstra.Saat mobil Anda harusnya melaju lurus ke depan.
  • Apakah Anda merasakan ada suatu belokan walaupun tanpa merubah kendali setir? Ban yang cenderung belok ke satu arah tertentu merupakan salah satu hal yang diatasi melalui spooring.  
  • Coba lihat kondisi ban Anda, apakah terlihat keausan berlebih yang tidak wajar pada roda depan Anda, ini terjadi karena posisi ban tidak rata saat menyentuh jalan, akan cebih cepan terlihat jika sering melewati jalan beton / cor.
jika mobil Anda sudah cukup parah dengan masalah keseimbangan/soporing. maka Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan dalam keadaan miring,
Secara sederhana Spooring adalah penyetalan kaki-kaki mobil anda agar sesuai spesifikasi pabrik. Roda mobil, khususnya bagian depan adalah komponen yang tidak fixed. Ada komponen yang perlu disetel pada roda agar roda dapat menapak sempurna, setelan itu yang biasanya berubah akibat pemakaian sehari-sehari dalam jangka waktu yang lama, setelan lebih cepat berubah jika anda sering melewati jalan rusak atau menghajar lubang pada kecepatan tinggi. 

Camber & Caster
Setelan yang dapat berubah adalah sudut Toe dan Chamber. Bila sudut toe dan chamber melebihi atau kurang dari angka normal maka dapat menyebabkan ban aus di bagian dalam atau tapak luarnya saja.

Ban yang tidak seimbang akan membuat setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi. Dan dapat merusak suspensi mobil.Maka dari itu, manfaat spooring dan balancing mobil adalah menyelaraskan dan menyeimbangkan jalannya laju mobil. Cara spooring dan balancing mobil dengan melakukan setting kaki-kaki mobil (roda mobil).



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.